Nike as kekee
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaykum wr. wb
Hay hay haaaaaay..

I’m comeback guys.. ^_^

Ga kerasa nih, sekarang udah kelas 4 lagi aja (eits, beneran.. Nike udah kelas 4 SMA). Hmmm.. pasti bingung kan? Hehehe.. Jadi gini sahabat blogger, Nike sekolah di SMAKBo yang emang masa pembelajarannya bukan 3 Tahun kaya SMA lain. Tapi disini 4 Tahun. Dilatih untuk jadi analis terlatih yang bakal terjun ke Industri Indonesia #halah, ko jadi curcol gini yak? Hehehe
OK, Ada yang mau Nike bagi nih ke sahabat-sahabat sekalian setelah Nike dapet Ilmu dari Guruku tersayang “Ibu Sulis” di pelajaran Kimia Lingkungan. Menurut Nike siiih lumayan berguna nih, tinggal bagaimana menurut kalian? Baca ampe beres yak. :P Ditunggu pisan komentarnyaaa.. ^^

Intro dulu yuk ah (Lho? Jadi ini belum mulai?). Tau ga sih kalian….. Ternyata eh ternyata, air yang dalam kategori “LAYAK PAKAI” didunia itu hanya berkisar 0,75% (Info from www.hydro.co.id). #Whaaaat?# Yah begitulah kenyataannya. Abis 93%nya air laut sih. Sisa-sisanya air yang udah ga layak pakai, alias tercemar. (Huuh.. Menyedihkan deh Dunia kita iniii)
Kira-kira apa yaa yang ditimbulkan? Check this out..!! 



Yang pernah Nike baca di koran, Sungai di Indonesia pun gitu 98% sudah tercemar. Hiksss.. Salah satunya Kali Ciliwung. By the Way, Any Way, Bus Way, Pada tau kan kali Ciliwung? #hmmh.. ituloh, sungai yang jernih buanget airnya, ampe-ampe jadi warna item. LL Aduh, sepertinya kata-kataku ini tidak dapat melukiskan kengerian dan ketragisan yang dialami oleh si Ciliwung (melow mode ON). Tau gak sih ternyata PDAM Jakarta ini mau gamau ngegunain air Kali Ciliwung yang udah diproses untuk disalurkan ke Masyarakat Jakarta. (Swer, beneran lho..)

Eiiiit.. But, jangan merengut dulu, baca ampe beres yooo. Otomatis PDAM niii butuh Biaya dan peralataan yang superduper muahal buat ngerubah dari air TIDAK LAYAK pakai berganti status menjadi LAYAK pakai setelah melewati berbagai proses. Tapi permasalahan ga berenti ampe sini aja.  Untuk menghilangkan bakteri-bakterinya, ternyata dibubuhkan kaporit yang melampaui batas. Uppssss..
*::~ Makin Menyedihkaaaaan ~::*
Ayo-ayo, siapa yang tau rumus kaporit? Senyawa ini merupakan turunan klor. Kalo klor dalam batas yang melampaui masuk ketubuh kita, maka semuanya berubah menjadi Organoklor yang bersifat Baik TOKSIK untuk tubuh. Yang bakal terjadi, bukan penyakit yang remeh lagi, tapi KANKER..!! ih waooow. Pantesan yak jaman sekarang buanyak banget orang yang menderita penyakit kanker. Uuuuh.. L

Yaaaa.. Gimana lagi dong? Nike cuma bisa ngepost kayak gini nih, ga bisa berbuat apa-apa. Sedihnyaaaa.. 
-_-
Eh, orang-orang di Amerika sana udah gencar meneriakan “BACK TO NATURE”. Dan tau ga sih? Ternyata kita bisa lho memakai kebiasaan nenek atau buyut kita terdahulu untuk mengelola air bersih menjadi semakin bersih. Ini lho tipsnyaaa..

1.       Jangan langsung pake air kran yang baru dibuka, karena air yang baru keluar dari keran melewati besi-besi, yang siapa tau besi itu udah berkarat. So, tunggu dulu sekitar 10 detik setelah dibuka kran
2.       Ada baiknya untuk menyimpan cadangan air didalam gentong tanah liat (yang ada tutupnya yaa). Karena, tanah dapat menyerap partikel-partikel kecil yang terdapat di air dalam ukuran yang kasat mata. ^^ air akan lebih bersih dan dingiiiin tentunya
3.       Ini yang banyak orang gatau.. ^^ gunakanlah hanya 1 panci khusus untuk memasak air. Karena panci yang sudah lama dipakai, didasarnya akan terdapat lapisan hitam. Dan lapisan itu “TERNYATA” punya kemampuan untuk memfilter kotoran-kotoran yang terdapat di air. ^^ Hebat kaaaaan. Lebih baik menggunakan panci stainless steel yaa, jangan panci alumunium..
4.       Terakhir, air yang telah masak, disimpan di kendi tanah liat.. ^^ Pasti udah tau deh tujuannya.. :P Yapp.. Benar..!! seperti yang telah dijelaskan diatas, tanah dapat menyerap partikel kotoran. So pasti tuh, air yang kita minum bakal sehat dan dingin alami. Lebih baik menggunakan kendi daripada kulkas, karena kulkas bisa aja mengandung CFC yang bahaya buat kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.
Catatan :: Air yang masih panas, jangan dimasukan langsung ke plastik semacam Tupperware tiruan.

Baiklah. Semoga bermanfaat yaa artikel Nike ini..
About edit post
Reaksi: 
2 Responses
  1. Miftahgeek Says:

    Aer yang udah dibersihkan dan dimasak dengan hati2 tersebut, saatnya digunakan untuk membuat mie rebus..

    #eaaa mie-nya-kali-ini-yang-jadi-masalah :D


  2. Rizaldy Gema Says:

    nice post nike. jadi tau banyak nih. menyedihkan ya ternyata.


Posting Komentar

Komentarin postingan Nike yuuu..
Sebaik-baiknya orang, yang komentarin blognya nike *sesat.com